Warga Sitaro Diingatkan Bahaya Lahar Dingin Gunung Karangetang

Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut.
Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulut.

Pos Gunung Api (PGA) Karangetang di Salili, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulut, mengimbau warga agar tidak beraktivitas dalam radius 2,5 km.

Imbauan ini merupakan salah satu rekomendasi Kementerian ESDM, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam laporan harian aktivitas Gunung Karangetang.

"Radius 2,5 km ini dari puncak Kawah Dua yang merupakan zona prakiraan bahaya," kata Ketua PGA Karangetang, Yudia P Tatipang, Minggu (26/11/2023) malam.

Sesuai dengan rekomendasi, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak mendekati, tidak melakukan pendakian dan tidak beraktivitas di dalam zona prakiraan bahaya yaitu radius 2.5 km dari puncak Kawah Dua.

"Termasuk radius 2,5 km dari Kawah Utama serta area perluasan sektoral ke arah Barat Daya, Selatan, Tenggara sejauh 3.5 km," jelasnya.

Warga juga diingatkan untuk mewaspadai potensi ancaman lahar dingin di musim penghujan. Hal ini sesuai dengan laporan harian periode 26 November 2023, dimana masyarakat yang tinggal di sekitar bantaran sungai-sungai yang berhulu dari puncak Gunung Karangetang agar meningkatkan kesiapsiagaan.

"Kesiapsiagaan yang dimaksud yakni dari potensi ancaman lahar dingin akibat musim penghujan dan banjir bandang yang dapat mengalir hingga ke pantai," ujar Yudia P Tatipang.

Selain itu, direkomendasikan agar masyarakat mewaspadai guguran lava dan awan panas guguran yang dapat terjadi sewaktu-waktu dari penumpukan material lava.