Timnas Indonesia Menjalani Latihan Perdana di Irak

Sesi latihan perdana Timnas Indonesia di Irak, Minggu (12/11/2023).
Sesi latihan perdana Timnas Indonesia di Irak, Minggu (12/11/2023).

Timnas Indonesia langsung menjalani latihan perdana di Irak, usai tiba pada hari Minggu (12/11) pukul 11.00 waktu setempat. Mereka berlatih di lapangan latihan kompleks sekitar Stadion Internasional Basra, Irak.

Untuk diketahui, perbedaan waktu antara Indonesia dan Irak adalah empat jam, dimana waktunya lebih lambat dari Indonesia.

Adapun menu latihan yang dilakukan pasukan Garuda, seperti yang diungkapkan oleh pelatih Shin Tae-yong adalah pemulihan fisik.

"Kami mulai latihan perdana di Irak sore hari tadi, jam 4 sore, hanya latihan pemulihan fisik saja," ujarnya.

Dengan recovery yang cepat, pelatih berharap tim bisa lebih cepat beradaptasi dengan cuaca dan kondisi lingkungan di Irak. Karena Shin Tae-yong menargetkan timnya bisa lolos ke kualifikasi Piala Dunia 2026.

"Ini adalah pertandingan pertama putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, terpenting adalah mengunci kemenangan di laga melawan Irak, dengan begitu tentu hasilnya akan baik kedepannya," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

Disinggung mengenai Irak, dirinya tak terlalu banyak mempermasalahkan.

"Tidak masalah nanti melawan Irak, memang peringkat FIFA mereka lebih baik dari Indonesia, juga lawan yang berat bagi kita, apalagi kita ini datang sebagai tamu, tetapi saya akan berusaha semaksimal mungkin, akan membuat taktik yang bisa meredam mereka," jelas dia.

Sementara itu, Marc Klok mengatakan dirinya sudah mempersiapkan diri untuk latihan sore tadi.

"Sampai disini tadi saya dan pemain yang lainnya istirahat sejenak. Karena sorenya mau ada latihan. Yang penting adalah cukup istirahat, latihan ekstra, makan sehat semua. Saya berharap hasik yang terbaik untuk mencapai prestasi yang optimal, nanti tanggal 16 dan 21. Target tentu menang, kami akan berjuang, karena Irak tentu bukan lawan yang mudah, kita lihat saja nanti," bebernya.

Suhu di Irak sendiri sore tadi sekitar 26 derajat celsius, tak terlalu panas, namun juga tidak bisa dibilang dingin. Pemain sangat menikmati menu latihan yang diberikan oleh pelatih. Semua pemain terlihat kompak di dalam maupun di luar lapangan.

Senin hari ini, mereka kembali menjalani latihan, dua kali. Pagi dan sore. Pagi di kolam renang hotel dan sorenya kembali latihan di luar hotel. *