Seorang Wanita Harus Dievakuasi Saat Mendaki Gunung Tampusu Bersama Suami

Proses evakuasi seorang wanita pendaki Gunung Tampusu di Kabupaten Minahasa, Sulut, Minggu (26/11/2023).
Proses evakuasi seorang wanita pendaki Gunung Tampusu di Kabupaten Minahasa, Sulut, Minggu (26/11/2023).

Tim SAR Gabungan melakukan evakuasi terhadap salah seorang pendaki Gunung Tampusu di Minahasa, Sulut, yang mengalami cedera kaki, Minggu (26/11).

Kepala Seksi Operasi Basarnas Manado Jandri mengungkapkan, pihaknya menerima laporan terjadi peristiwa membahayakan jiwa manusia di Gunung Tampusu yang berada di perbatasan Kabupaten Minahasa, dan Kota Tomohon, Sulut.

“Kejadian itu, salah satu pendaki bernama Julia Sali mengalami cedera kaki sebelah kiri sehingga perlu penanganan khusus,” ujarnya.

Julia Sali bersama suami mendaki pada Sabtu (25/11/2023) malam, dan rencananya mereka akan turun pada Minggu (26/11/2023) siang. Namun ternyata Julia mengalami cedera dan tidak bisa melakukan perjalanan turun dari gunung non aktif itu.

Setelah mendapatkan laporan itu, Basarnas Manado memberangkatkan satu tim rescue untuk mengevakuasi korban. Dalam proses evakuasi ,tim SAR gabungan dari Basarnas, RAPI, BPBD, AERi dan potensi SAR butuh tenaga ekstra.

“Operasi dilaksanakan selama dua jam karena jalur pendakian licin akibat habis hujan mengguyur Kota Tomohon. Korban akhirnya berhasil dievakuasi dengan selamat dan kembali ke rumah," katanya.

Dia mengimbau pendaki menyiapkan fisik bila ingin melakukan pendakian gunung sehingga tidak mengalami cedera atau merepotkan teman-temannya.

"Sudah banyak terjadi pendaki pemula yang selalu mengabaikan keselamatan diri sendiri. kami harap semua bisa mencermati demi keselamatan diri sendiri dan orang lain," katanya.

Jandri juga mengapresiasi tim SAR gabungan yang berhasil mengevakuasi korban dalam keadaan selamat.