Dandim 1309/Manado Kerahkan Personelnya Karya Bakti di Bailang

 Kodim 1309/Manado dan Pemerintah Kelurahan Bailang melaksanakan Karya Bakti bersama di lokasi yang rawan banjir di Lingkungan IV, Kelurahan Bailang, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulut, Senin (04/12/2023). (Foto: Penerangan Kodim 1309/Manado)
Kodim 1309/Manado dan Pemerintah Kelurahan Bailang melaksanakan Karya Bakti bersama di lokasi yang rawan banjir di Lingkungan IV, Kelurahan Bailang, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulut, Senin (04/12/2023). (Foto: Penerangan Kodim 1309/Manado)

Kegiatan Karya Bakti terus digencarkan oleh TNI khususnya di wilayah teritorial Kodim 1309/Manado, dalam rangka meminimalisir dampak dari bencana alam banjir dan tanah longsor di wilayah Kota Manado. Apalagi intensitas hujan sudah mulai tinggi saat memasuki bulan Desember ini.

Kodim 1309/Manado menggandeng Pemkot Manado dalam hal ini Kelurahan Bailang melaksanakan Karya Bakti bersama di lokasi yang rawan banjir di Lingkungan IV, Kelurahan Bailang, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulut, Senin (04/12/2023).

Kegiatan Karya Bakti ini melibatkan sekitar 75 personel gabungan terdiri dari Kodim 1309/Manado, Pemerintah Kelurahan Bailang, dan masyarakat setempat.

Dalam kegiatan karya bakti bersama ini dilaksanakan pembersihan aliran sungai dan irigasi serta pengangkatan sisa lumpur atau tanah yang berada di jalan dan lorong.

Dandim 1309/Manado Kolonel Inf Himawan Teddy Laksono SIKom MTr (Han) mengatakan bahwa dalam kegiatan sosial kemanusiaan ini pihaknya menurunkan seluruh jajaran Koramil bekerja bersama-sama dengan Pemkot Manado dan masyarakat setempat guna mengantisipasi dampak bencana alam dan tanah longsor.

"Kami melaksanakan karya bakti di kelurahan Bailang, kegiatan ini untuk membantu masyarakat dalam mengurangi dampak dari banjir,” ujarnya.

Kolonel Teddy mengatakan, kawasan itu merupakan daerah aliran sungai tempat tergenangnya banjir, sehingga dilakukan kegiatan pembersihan saluran irigasi, termasuk menangani pendangkalan sungai.

"Sehingga masyarakat bisa merasakan manfaatnya mengurangi dampak dari banjir, dimana tempat ini jika terjadi curah hujan tinggi dan sungai aliran Das Tondano meluap sungai ini yang sering terjadi banjir di Kelurahan Bailang Kecamatan Tuminting," tambahnya.

Ketua Lingkungan IV, Kelurahan Bailang, Rahmat mengatakan kerjasama dengan Kodim 1309/Manado telah terjalin dengan baik melalui kegiatan formal dan non formal. Khususnya berkaitan dengan kepentingan masyarakat dalam membantu upaya mengatasi dampak bencana alam terutama banjir.

"Ini sudah mulai musim hujan di mana kami mewakili Pemerintah Bailang mengucapkan terimakasih kepada Kodim sudah berbagi waktu untuk melaksanakan karya bakti di lingkungan Kelurahan Bailang,” ujarnya.

Kegiatan dihadiri oleh Pasiter Kodim 1309/Manado Kapten Chb Albert, Pgs Danramil 1309-01/STB Letda Inf Marvin, Lurah Kelurahan Bailang Aldo Kanon Erikson, Personel Kodim dan masyarakat setempat. *