Awal Musim Hujan Sulut Bakal Terjadi di Dasarian Pertama Desember


Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan di wilayah Sulut akan terjadi di dasarian pertama Desember 2023.

"Beberapa wilayah di Sulut pada dua dasarian rata-rata curah hujan sudah berada di atas 50 milimeter," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Minahasa Utara M Candra Buana, Senin (27/11/2023).

Artinya untuk menentukan apakah Sulut sudah memasuki awal musim hujan atau belum, masih menunggu data curah hujan pada dasarian ketiga bulan November.

"Jadi kondisi curah hujan di wilayah Sulut saat ini sudah di atas 100 milimeter namun masih di bawah 150 milimeter," katanya.

Candra menjelaskan, penentuan awal musim hujan didasarkan pada curah hujan dasarian pertama hingga dasarian ketiga rata-rata 50 milimeter atau dalam satu bulan 150 milimeter.

“Apabila indikatornya curah hujannya di atas 150 milimeter dapat dikatakan sudah memasuki awal musim hujan,” ujarnya.

Dia berharap, menjelang musim hujan warga yang tinggal di daerah berbukit, curam, atau tebing mewaspadai bahaya tanah longsor. Begitupun dengan warga yang tinggal di daerah bantaran sungai berhati-hati dengan potensi banjir, serta ancaman pohon tumbang.

“Tingkatkan kewaspadaan dini, sehingga bisa mengantisipasi potensi bencana yang terjadi,” ujarnya.